Jenis Modul RAM Komputer dan Cara Membedakan DDR1, DDR2 dan DDR3

Jenis Modul RAM Komputer dan Cara Membedakan DDR1, DDR2 dan DDR3 - Selamat malam sahabat, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kesehatan selalu menyertai kita di musim penghujan ini, amin.. Okey, seperti yang pernah saya tulis dulu bahwa kita akan membahas mengenai jenis Modul RAM yang pernah kita singgung bareng-bareng waktu membahas Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya waktu lalu. Mungkin sebagian dari kita masih bingung gimana sih cara membedakan Modul RAM dalam PC atau Laptop, agar nanti ketika kita ingin mengupgrade Modul RAM tidak salah beli, ntar dah terlanjur beli eh malah tidak cocok slot Modulnya, jadi percuma kan belinya..heheh..

Maka dari itu tidak ada salahnya kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini, namun untuk kali ini kita bahas mengenai Modul RAM PC dulu ya.. Untuk Modul RAM ( SO-DIMM) Laptop insyaallah kita akan bahas lain waktu pastinya..yuk kita simak bareng-bareng..
Awal mula sebelum DDR ( Double Data Rate ) dikenalkan kira-kira sebelum tahun 2002an jenis RAM yang digunakan yaitu jenis SDR-RAM (Single Data Rate-Random Acces Memory). Namun seiring perkembangan zaman, SDR-RAM mulai ditingglakan dan diganti dengan DDR, mengapa ? karena pada dasarnya secara teori DDR mempunyai kecepatan transfer rate 2x lipat lebih cepat dibandingkan kecepatan SDR-RAM. Nah dari situlah SDR-RAM mulai ditinggalkan dan berganti ke DDR.
DDR sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu DDR1, DDR2 dan DDR3. Masing-masing DDR memiliki karakteristik sendiri, baik dari jumlah pin, bentuk slot modul, power, dan yang pasti performa dari setiap DDR. agar tidak terlalu melebar dari judul kita malam ini, yuk langsung saja kita bahas cara membedakan Modul RAM jenis DDR.

Jenis Modul RAM DDR1, DDR2, DDR3

Setelah kita melihat gambar diatas, secara tidak langsung kita akan dapat membedakan jenis-jenis DDR. Namun bila sahabat ada yang masih bingung atau belum jelas saya akan memberikan sedikit tips cara termudah mengenali jenis DDR.

Tips 1 : Mengenali jenis DDR1, DDR2, dan DDR3. ambil sebuah Modul Memory, lihat bagian merknya ( Bila kita melihat dari depan, posisi merk tepat disebelah kiri atas seperti didalam gambar). setelah itu lihat bagian pembagi pin ( pemisah pin ). bila pembagi pin medekati bagian kanan Modul RAM, berarti Modul RAM tersebut jenis DDR1, agak kekiri sedikit dari pembagi pin DDR1, tepatnya hampir ditengah-tengah antar pembagi pin berarti DDR2, dan apabila menjauhi garis tengah kekiri ( hampir seperempat pertengahan dari bagian kiri modul ) berarti DDR 3. maaf kalau penjelasannya mbulet ya.. untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar..hehehe
Tips 2 : Tips yang ke 2 ini agak sedikit menguras tenaga lho. tapi tidak ada salahnya untuk dicoba untuk menambah pengalaman kita, masih ingin mencoba...? ayo.. laksanakan.. Tips yang ke 2 ini yaitu dengan cara kita menghitung pin yang ada pada modul RAM, waaahhhh.. kecil-kecil sekali itu pinnya, tapi masih bisa dihitung kok...hehehe.. Untuk jumlah Pin tiap modul sudah saya siapkan dibawah, nanti kalau menghitung tolong dicocokkan ya.. sapa tahu saya keliru menghitungnya..heheh
DDR 1 memiliki 184 Pin
DDR 2 memiliki 240 Pin
DDR 3 memiliki 240 Pin
DDR 4 memiliki 288 Pin
Nah..diatas sudah saya tuliskan, sapa tahu penghitungan saya salah, jadi mohon dikoreksi ya kalau salah..sedikit tambahan sekarang sudah beredar DDR 4, tapi maaf tidak saya sertakan dalam gambar. untuk karakteristik dari realnya saya belum pernah melihat, maka dari itu bila ada kekeliruan mohon dikoreksi ya..biar pembahasannya makin seru pastinya..

Nah... Sekarang kita sudah sedikit tahu kan bagaimana cara membedakan modul RAM jenis DDR1, DDR2, dan DDR 3.. maka dari itu nanti kalau mau upgrade RAM PC jangan sampai salah lho..heheh..okey sahabat mungkin hanya itu yang bisa kita bahas pada malam hari ini, untuk SO-DIMM ( RAM Laptop dan Notebook ) insyaallah akan kita bahas lain waktu ya.. tulisan diatas masih jauh dari kesempuranaan, maka dari itu kontribusi dari sahabat baik berupa kritik dan saran sangat kami tunggu di kolom komentar untuk menambah wawasan kita bersama.. semoga bermanfaat..amin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Modul RAM Komputer dan Cara Membedakan DDR1, DDR2 dan DDR3"

Posting Komentar