Mengatasi Permasalahan Aplikasi EMIS

Mengatasi Permasalahan Aplikasi EMIS - Dalam menunjang tercapainya pendataan pendidikan saat ini, lembaga pendidikan mengeluarkan aplikasi pendataan yang dapat digunakan untuk mengirim data mengenai data sekolah baik dari profil, tenaga kependidikan, daftar peserta didik, dan data-data yang lain. Bagi sekolah dibawah naungan Kemdikbud mungkin sudah tidak asing dengan DAPODIK, baik DAPODIKDAS ataupun DAPODIKMEN, namun bagi sekolah yang dibawah naungan Kemenag aplikasi yang digunakan yaitu EMIS, EMIS sendiri bagi saya masih banyak kekurangan. Namun disini saya tidak akan membahas mengenai kekurangan maupun kelebihan dari ke2 aplikasi pendataan tersebut.
Kali ini saya akan mencoba memberikan tips mengenai masalah yang berhubungan dengan aplikasi EMIS.

Mengatasi error aplikasi EMIS

Sebelum membaca Tips-tips dibawah, Pastikan cek terlebih dahulu aplikasi Microsoft .NET Framework ini sudah ada dalam Laptop/PC kita belum, untuk versi minimumnya Microsoft .NET Framework V.3.5, Namun Link dibwah V.4.6 kalau belum silahkan didownload aplikasi tersebut dan jangan lupa diinstal ya.
Microsoft .NET Framework kalau belum ada??? silahkan download DI SINI.

Tips 1 : Pastikan anda mendownload file aplikasi EMIS dari situs EMIS PENDIS dengan cara login menggunakan akun anda yang sudah didaftarkan. 

Tips 2 : Setting Region dan Leanguage laptop atau PC anda ke Defult, yaitu Format Engilsh, dengan pengaturan waktu yang sama.
Contoh Waktu : 11:34 AM
Contoh Tanggal : 11/16/2015 ( bulan/tanggal/tahun)
Setelah disetting, jangan lupa restart.

Tips 3 : Setelah kita setting Region dan Leanguage masih mengalami error, kita perlu menginstal aplikasi tambahan yang mungkin di Laptop/PC kita belum ada. Aplikasi itu berguna untuk memanggil file localhost dari aplikasi EMIS, saya sendiri juga tidak tahu kenapa memerlukan aplikasi dibawah ini, namun setelah saya menginstal aplikasi tersebut aplikasi EMIS dapat berjalan dengan baik.

Micrsoft Acces Database Engine untuk SO 32-bit DI SINI
Micrsoft Acces Database Engine untuk SO 64-bit DI SINI
Untuk Versi Fullnya DI SINI.

Sebelum mendownload silahkan cek Laptop/PC anda apakah menggunakan SO 32-bit/64-bit.
Setelah didownload, jangan lupa diinstal kemudian restart Laptop/PC.

Setelah anda malukan tips-tips diatas, insyaallah aplikasi EMIS dapat berjalan dengan baik, kalau masih mengalami error, monggo bisa sharing dikolom komentar. suwun.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Mengatasi Permasalahan Aplikasi EMIS"

  1. ke 3 cara yang diatas sudah saya coba remua, namun tetap tidak bisa jalan sebagaimana mestina, apakah karena saya pakai mesin virtusalbox dalam windaowsnya...?

    BalasHapus
  2. Mas Prihan Han.. Untuk Virtualbox menurut saya tidak berpengaruh, apa mungkin virtualnya anda jadikan host?
    Mas supriyono, monggo mas mungkin dapat bermanfaat untuk semua, amin

    BalasHapus
  3. terimakasih mas,,,, semoga bisa membantu.
    ijin share juga.

    BalasHapus
  4. terimakasih banyak... sangat membantu

    BalasHapus