Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di Windows 8/8.1 /10

Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di Windows 8/8.1 /10 - Selamat pagi sahabat semua, bagaimana kabarnya di hari minggu yang lumayan cerah ini? semoga kesehatan selalu menyertai kita.. amin.. Hembbb..pagi ini setelah sholat subuh saya teringat ketika kemarin saya sempat mengalamai masalah Setelah saya menginstal Windows 10 Enterprise di salah satu laptop temen, berawal ketika saya hendak menginstal sebuah aplikasi terdapat pesan Error yang menyatakan bahwa aplikasi tersebut membutuhkan Microsoft .Net Framework versi 3.0 atau diatasnya untuk menjalankan aplikas tersebut. sejenak saya sempat berfikir, kok bisa, padahal setahu saya setiap instalasi windows pasti sudah disertakan Microsoft .Net Framework baik dari versi 1 hingga versi 4.5 kalau di windows 8/8.1 dan 10 karena saya sudah mengeceknya lewat regsitry windows. tapi kok anehnya kenapa masih membutuhkan instalasi Microsoft .Net Framework lagi.. bingung muter sana muter sini..heheh

Tapi sahabat tidak perlu kawatir, disini kita akan belajar bareng-bareng bagaimana to mengatasi Error .Net Framework 3.0 keatas di windows 8/8.1/10 yang sudah saya coba sendiri dan alhamdulillah work atau berhasil. Yuk langsung saja tidak perlu panjang-panjang daripada tambah bingung..heheh
Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di windows 8/8.1 /10
Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di windows 8/8.1 /10
Sebelum ke permasalah saya ingin menyampaikan sedikit tips, cara yang mungkin sahabat temukan di blog atau web teman-teman yang lain mungkin ada yang mengharuskan kita online atau terhubung dengan internet, tapi sebenarnya kita tidak perlu koneksi internet kok, yang kita butuhkan hanya CD Instalasi Windows itu sendiri, jadi saya harap sahabat semua mempunyai CD Instalasi Windows ya.. karena untuk cara yang lain saya sendiri belum pernah mencobanya dengan cara mengedit file registry.. soale takut salah ngasih saran..gitu..

Pertama yang harus disiapka yaitu :
CD Instalasi Windows yang sahabat pakai, windows 8/8.1/10, bisa berupa flashdisk, itu ja..g ada yang lain..heheh

Kedua, pastikan sahabat menutup semua aplikasi agar proses yang dikerjakan tidak terganggu.

Ketiga, masukkan CD instalasi windows baik berupa DVD / flasdisk, setelah itu cek dimanakah posisi drive nya..INI SANGAT PENTING agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.. ( Biasanya System Drive C, Data drive D, Hiburan drive E , CD/DVD drive F, dan Flashdisk drive bisa apa saja tergntung partisi yang ada pada Laptop atau PC sahabat ) saya contohkan kalau digmbar drive F.

Keempat, setelah sahabat yakin dimana posisi instalasi windowsnya sekarang sahabaat tekan tombol logo windows pojok kiri bawah dan masukkan perintah cmd di kolom pencarian, setelah ketemu klik kanan dan buka dengan perintah Run as Administrator dan muncul pemberitahuan klik Yes.

Kelima, Langkah selanjutnya ketika kita sudah sampai di terminal cmd kita masukkan perintah berikut :
( dism /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /all / source:"F:\sources\sxs\microsoft-windows-netfx3-ondemand-package.cab ) dan tekan ENTER. tanpa tanda kurung lho. lihat gmbar
Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di windows 8/8.1 /10
Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di windows 8/8.1 /10
Keenam, tunggu prosesnya hingga 100% dan setelah selesai kita close cmd dan restart laptop atau Pc sahabat.

Ketujuh, setelah restart saat kita instal aplikasi yang tadi gagal atau error atau saat instalasi membutuhkan Microsoft .Net Framework 3 Insyaallah dapat berjalan sempurna.

Cara diatas sudah saya praktekkan sendiri dan alhamdulillah berhasil, mungkin sahabat ada yang mengalaminya dan bisa dicoba cara diatas, untuk itu bila sahabat mempunyai cara yang lain bisa dshare dong dikolom komentar.. tulisan ini jauh dari kesempurnaan, maka dari itu kritik dan saran serta masukan dari sahabat sangat saya harapkan, semoga cara diatas dapat membantu dan bermanfaat.. amin..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Error .Net Framework 3.0 Di Windows 8/8.1 /10"

Posting Komentar