Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungsinya - Di era modern saat ini, siapa yang tidak kenal dengan komputer ? Hampir seluruh masyarakat sudah tahu apa itu komputer, komputer merupakan salah satu alat yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari di era modern saat ini. Perkantoran, pabrik, sekolahan, pusat perbelanjaan dan ditempat-tempat umum lainnya hampir seluruh aktifitas atau pengoprasiaannya melalui alat ini. secara tidak langsung peran manusia di masa ini telah digantikan dengan tekhnologi ini. Tetapi banyak dari kita masih belum mengenal perangkat apa saja yang ada pada komputer itu sendiri, kita hanya tahu bahwa komputer itu bisa digunakan untuk internet, nonton video kesukaan, mendengarkan musik, melakukan pekerjaan kantor dan sekolah.
Namun, masih banyak diantara kita belum mengenal secara keseluruhan perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam sebuah komputer itu sendiri. Pada kesempatan ini, kita akan bahas satu persatu apa saja to perangkat keras yang ada pada komputer itu. yuk kita bahas satu persatu.

Perangkat PC, PC, Komputer, Hardware Komputer, Perangkat Keras

Pada dasarnya, komputer bisa dikatakan sebagai sebuah sistem, kok bisa ? karena komputer itu senderi terbangun dari sekumpulan perangkat keras (Hardware) yang memiliki fungsi sendiri-sendiri namun perangkat keras tersebut tidak akan dapat bekerja atau berfungsi tanpa perangkat yang lain. Jadi semua perangkat keras dalam komputer itu sendiri saling berhubungan dengan perangkat yang lain. Selain itu perangkat keras dalam komputer juga membutuhkan perangkat lunak (Software) untuk mengoperasikannya, tanpa perangkat lunak (Software), Perangkat keras tadi hanya sebuah benda mati dan tidak dapat digunakan untuk apa-apa. Dalam sebuah komputer, perangkat keras (Hardware) sendiri dibagi menjadi 3 bagian, apa saja bagian-bagian itu.. yuk kita korek bareng-bareng..he

Bagian 1 ( Perangkat Input )
Pada bagian 1 ini kita akan membahas mengenai apa saja yang bisa dikatakan sebagai perangkat input komputer. perangkat input sendiri adalah alat yang berfungsi untuk mengirimkan data kedalam CPU (Central Processing Unit) dan kemudian di proses di dalam CPU, selain itu ada beberapa perangkat input yang memiliki 2 fungsi, bisa sebagai input device maupun output device.

1. Keyboard ( Papan Ketik )
Keyboard adalah sekumpulan tombol (huruf, symbol dan angka) yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal digital kedalam CPU. Keyboard sendiri merupakan perangkat keras standart yang dibutuhkan dalam sebuah komputer atau PC. Dan dalam perkembangannya, tehknologi keyboard sangat lamban dibandingkan dengan perkembangan Mouse, hanya dalam konektornya saja yang mengalami perkembangan, yang dulu berawal dari konektor AT, PS/2, USB, dan Wireless. Sepengetahuan saya, keyboard sendiri dibagi menjadi 3 jenis, yaitu XT Keyboard, AT Standart, dan AT Enhanced yang memiliki jenis tombol sendiri-sendiri dan Insyallah akan kita bahas lain waktu..hehehe..
2. Mouse
Kalau yang satu ini maaf ya, saya belum begitu mampu mendiskripsikannya. yang pasti perangkat keras ini juga perangkat keras standart yang dibutuhkan dalam sebuah komputer yang berbasis grafis, jadi perangkat ini wajib ada bila kita ingin menggunakan sistem komputer yang berbasis grafis, kalau untuk berbasis tex kita tidak begitu membutuhkannya. Dalam perkembanganya mouse mengalami kemajuan yang lumayan cepat, berawal dari Mouse Serial, Ball, PS/2, dan Optik. Mouse sendiri juga dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Mekanikal, Optomekanikal, dan Optik. Untuk pembahasanya nanti dulu ya..hehehe...
3.  Scanner
Scanner adalah perangkat keras yang berfungsi membaca teks atau ilustrasi teks pada kertas dan bisa berupa gambar dan kemudian menterjemahkan informasi ke bentuk yang dapat dibaca oleh komputer. pada prinsipnya scanner bisa dikatakan sebagai mesin fotocopy, namun memiliki perbedaan dengan mesin fotocopy. data yang diperoleh dari scanner yang masuk kedalam komputer dapat diolah atau diedit kembali, sedangkan dari fotocopy tidak bisa.
4. Bar Code Reader / Barcode Scanner
Bar Code Reader atau sering kita kenal dengan sebutan barcode ini memiliki fungsi menerjemahkan atau membaca barcode pada berbagai permukaan. perangkat yang satu ini sering kita lihat ketika kita sedang berbelanja di supermarket, yang berada di kasir itu lho..heheh.. Selain itu Barcode Scanner ini juga ada jenisnya lho.. Pembagian jenis Barcode Scanner ini berdasarkan Sumber cahaya dan Cangkangnya. untuk pembahasannya Insyaallah lain waktu ya...hehehehe...
5. Joy Stick, Game Pad
Nah kalau perangkat keras yang satu ini fungsinya hanya untuk bermain, jadi ketika kita ingin bermain game di komputer bisa menggunakan perangkat keras yang satu ini agar saat melakukan manuver-manuver yang sulit ketika menggunakan keyboard dan mouse, dengan alat ini akan memberikan kemudahan dalam beramain game..
6. Touchscreen
Taouchscreen sendiri memiliki fungsi yang hampir sama dengan mouse, pointing, dan ligth pen. Touchsreen adalah jenis dari Display Screen yang memiliki panel melapisi layar transparan dan memiliki sensitif sentuh. Perbedaannya touchsreen bisa kita gunakan langsung tanpa menggunakan media dengan cara menyentuh obyek yang ada pada layar. penggunaan touchsreen ini memberikan pengalaman lebih terhadap pengguna komputer khususnya di era modern saat ini. kita bisa menemui perangkat ini pada layar-layar monitor, layar Handphone saat ini sudah banyak yang menggunakan tekhnologi touchsreen. 
7.Track Pen / Stylus
Track Pen sendiri memiliki fungsi seperti mouse, hanya saja bentuknya yang meyerupai pena atau pensil. perangkat ini hanya terdapat pada perangkat komputer modern. Pena stylus sendiri dapat digunakan untuk menulis di layar monitor tanpa menggunakan tinta. pena ini paling banyak digunakan pada perangkat PDA dan di era modern ini dapat kita jumpai di salah satu gadget ternama yang sudah include bersama gadget tersebut...pastinya sudah pada tahu dong..hehehe.
8. OCR dan OMR
OCR dan OMR ini memliki fungsi yang hampir sama, yaitu membaca barcode formulir yang diberi kontras warna pada formulir tersebut. alat ini biasanya digunakan untuk mengoreksi lembar ujian yang biasanya didalam lembar ujian tersebut sudah terdapat barcode transparan kemudian kita hanya menambahi kontras tersebut dengan warna, nah warna yang digunakan ini juga tidak sembarangan, tapi menggunakan warna tertentu. seperti halnya dalam mengerjakan ujian kita hanya diperbolehkan menggunakan pensil 2B, hal ini agar mesin OCR dan OMR dapat membaca barcode yang kita buat dalam formulir tersebut.
9. Kamera Digital
Kamera digitil adalah mesin pometret yang hasil gambarnya langsung berupa file digital, dimana file ini bisa langsung dipindahkan ke komputer dan setelah dikomputer file tersebut dapat diolah atau diedit kembali menggunakan software editing. berbeda lagi dengan film. Selain itu kamera digital juga bisa berfungsi sebagai kamera perekam.
Dari berbagai perangkat input diatas, pada dasarnya yang hanya diperlukan yaitu keybord dan mouse, namun tidak ada salahnya kita bahas disini beberapa perangkat input yang sering kita jumpai. namun diantara 9 perangkat input diatas masih ada banyak perangkat input laiinya.

Bagian 2 CPU (Central Processing Unit)
Pada bagian ke 2 ini, perangkat keras berbeda dengan perangkat keras input pada bagian ke 1. dimana perangkat keras ke 2 ini yaitu berisi perangkat keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data yang berasal dari perangkat keras input diatas. yuk kita bahas satu-satu perangkat apa saja yang berada di CPU itu.

1. Motherboard ( Papan Induk )
Motherboard dikenal dengan sebutan Mainboard, Mainboard sendiri berfungsi sebagai tempat untuk memasang atau merangkai perangkat-perangkat keras yang terdapat di CPU, seperti Processor, RAM, VGA Card, LAN Card dan beberapa perangkat keras lainnya. Didalam papan motherboard sudah terdapat berbagai rangkaian elektronik yang berfungsi mengatur kinerja dari hardware yang dipasang dipapan motherboard. Selain itu dimotherboard sendiri sudah terdapat Port, Slot dan Socket yang berfungsi untuk menempatkan Processor, RAM, VGA Card, LAN Card serta Port dan Slot untuk input maupun output device. jadi motherboard bisa dikatakan perangkat keras utama dalam sebuah komputer, karena disinilah data-data yang masuk akan diproses dan kemudian dikeluarkan lagi melalui perangkat output. Nah untuk lebih jelasnya mengenai jenis dan apa saja yang berada di motherboar, kita bahas lain kali ya..hehehe..
2. RAM (Random Acces Memory) / Memory
Random Acces Memory  yang lebih kita kenal dengan istilah RAM yang memiliki fungsi menyimpan data sementara yang berasal dari perangkat input. Secra garis besar Memory dibagi menjadi 3 bagian utama. Yaitu First Level (L1) Chace, Second Level (L2) Chace, dan Memory Modul. Nah pada kesempatan kali ini kita akan bahas yang Memory Modul dulu ya. Memory modul merupakan perangkat keras yang berada didalam CPU yang memiliki kelebihan dapat digonta-ganti sesuai dengan keiinginan kita, namun harus diingat sebelum mengganti dilihat dulu jenis slot RAM yang ada dimotherbord kita. Modul Memory sendiri memiliki 3 jenis pin pada masa ini, yaitu DDR, DDR2, dan DDR3. Dalam ketiga modul tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Memory Modul berbeda dengan kedua jenis Memory yang telah disebutkan sebelumnya. untuk jenis Memory sendiri akan kita bahas nanti ya..hehehe..
3. Processor
Apa itu processor ? Processor bisa dikatakan sebagai perangkat utama komputer, mengapa demikian? karena processor adalah hardware komputer yang bertugas mengolah data yang masuk kedalam CPU dan kemudian mengeluarkan data itu kembali melalui perangkat output. Processor sendiri bisa disebut sebagi otak komputer, karena tugas processor lebih berat dibandingkan dengan hardware-hardware lain, maka tidak asing lagi processor sendiri selalu dilindungi oleh kipas pendingin yang kita kenal dengan sebutan Heatsink. kipas pendingin ini akan membantu menunkan panas processor saat bekerja. bisa kita bayangkan kalau otak kita sendiri sedang panas atau banyak masalah, tidak bisa fokuskan dalam bekerja, pasti pengennya liburan atau main kan..heheh..begitu pula prinsip kerja processor yang selalu membutuhkan pendingin agar dalam bekerja processor tidak mengalami masalah.. Banyak berbagai jenis processor yang beredar di pasaran saat ini.. lain kali kita akan bahas satu persatu untuk lebih mengenal jenis-jenis processor itu sendiri.
4. Hardisk
Hardisk adalah salah satu hardware komputer yang berfungsi menyimpan data utama dalam komputer. didalam hardisk inilah akan tertanam software untuk mengoperasikan komputer, baik itu dari perangkat komputer itu sendiri dan berbagai macam aplikasi yang dibutuhkan. selain untuk menanamkan software-software yang dibutuhkan, hardisk juga digunakan sebagai penyimpan data berupa file-file yang dibutuhkan.
5. CD/DVD Room
CD/DVD Room pada dasarnya dapat dikatakan sebagi perangkat input ataupun output, mengapa demikian, karena CD/DVD Room sendiri dapat membaca data yang berasal dari kepingan CD/DVD yang dimasukkan kedalam perangkat ini, dan kemudian data tersebut diproses. Namun saya mengelompokkan CD/DVD Room ini kedalam kelompok CPU dimana fungsi CD/DVD Room ini bisa dikatakan hampir mirip dengan Hardisk yang berfungsi sebagai penyimpan data melalui media kepingan CD/DVD.
6. Flopy Drive
Apa itu Flopy Drive ? Flopy Drive sendiri dapat dikatakan sebagai CD/DVD room. kok bisa ? Flopy Drive adalah hardware komputer yang dapat membaca data melalui media Disket yang pada saat itu belum diterapkannya CD/DVD room dalam sebuah PC. Jadi Flopy Drive adalah generasi pertama media pembaca data melalui media disket sebelum kepingan CD/DVD. Mungkin saat ini kita sudah jarang menemukan hardware satu ini, karena keterbatasan dari media penyimpanannya yang kecil, penyimpanan data eksternal melalui media disket sudah ditinggalkan dan beralih ke CD/DVD.
7. Power Supply
Power Supply adalah hardware komputer yang berfungsi memberikan daya energi listrik kepada perangkat-perangkat keras (Hardware) yang berada di dalam CPU. dimana prinsip kerja power supply ini mengubah arus AC menjadi DC dan kemudian dari power supply ini mensuplay energi listrik kepada hardware-hardware CPU yang telah ditentukan dayanya sesuai pinout-pinout dari power supply itu sendiri. Beberapa hardaware yang membutuhkan supply energi listrik yaitu motherboard, hardisk, CD/DVD Room dan Flopy Drive.
8. Cassing
Cassing adalah wadah untuk menempatkan hardware-hardware perangkat CPU, seperti modherboard, power supply, hardisk, flopy drive, CD/DVD room dsbb.
Dari beberapa perangkat CPU diatas masih ada beberapa hardware lain yang tentunya belum kita bahas dalam kesempatan kali ini, tentunya akan kita bahas lain kesempatan.. siap kan..???

Bagian 3 (Perangkat Output)
Apa itu perangkat Output? perangkat output yang sering disebut output device merupakan alat yang berguna sebagai penampil/melihat hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer/CPU. Nah, setelah diatas kita membahas mengenai perangkat input (Bagian 1) dan perangkat CPU (Bagian 2), sekarang kita akan membahas apa saja perangkat output itu. mari kita bahas bersama-sama....

1. Monitor
Monitor adalah alat output yang paling umum yang berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data melalui layar, baik data itu berupa gambar, karakter, maupun warna. Di era modern, monitor telah mengalami perkembangan pesat, berawal dari monitor jenis CRT (Chatode Rays Tube), LCD (Liquid Cristal Display), LED (Light Emitting Diode), dan monitor Plasma.
2. Projector
Projector merupakan alat output yang mempunyai fungsi sama dengan monitor, perbedaannya Projector dapat menampilkan hasil pengolahan data dari komputer dengan resolusi yang besar dengan cara menyorotkan cahaya pada suatu media, sehingga hasil pengolahan data dapat terlihat jelas. penggunaan alat satu ini hanya pada hal-hal tertentu.
3. Printer (Mesin Pencetak)
Printer merupakan salah satu perangkat output yang berfungsi sebagai alat pencetak. dilihat dari segi fungsinya, printer dikelompokkan menjadi beberapa jenis, yaitu Dot Matrix Printer, Ink Jet Printer, dan Laser Jet Printer. untuk penggunaanya sendiri disesuaikan dengan kebutuhan.
4. Plotter
Plotter sendiri sebenarnya masuk kedalam kategori printrer, karana prinsip kerja plotter sama dengan printer yaitu sebagai alat pencetak, perbedaan plotter dan printer yaitu plotter digunakan untuk mencetak pada media yang lumayan cukup besar, seperti pembuatan poster, pamflet dsbb, sedangkan printer sendiri hanya digunakan untuk mencetak pada media yang kecil.
5. Speaker
Spiker adalah perangkat output yang berfungsi sebagai media penghasil suara. dimana speaker sendiri banyak digunakan sebagai pengeras suara dalam pemutaran file audio dan video yang berasal dari komputer.
Dari berbagai perangkat output diatas, masih banyak perangkat-perangkat output yang lain, namun pada umumnya perangkat yang sering digunakan yaitu monitor, projector, printer dan speaker. sekarang kita sedikit tahu kan hardware apa saja yang berada dalam komputer.

Dari beberapa uraian diatas kita dapat memahami bahwasannya dalam membangun sebuah komputer diperlukan bermacam-macam perangkat keras. dimana perangkat keras itu sendiri memiliki fungsi sendiri-sendiri. dalam perkembangan tekhnologi saat ini, komputer hampir ditinggal dan berganti ke Laptop (komputer potable) dan gadged yang canggih karena kemudahan dalam penggunaannya dan kefleksibelitas dari tekhnologi terbaru di era saat ini. namun kita tidak ada salahnya mempelajari hal-hal diatas, bahwasannya perangkat-perangkat terbaru itu mempunyai prinsip hardware dan software sama dengan komputer dimasa dulu. Mungkin dari beberapa uraian diatas masih banyak kekurangan, maka dari itu kritik, saran serta masukan dari sahabat dan pembaca sangat saya butuhkan demi sempurnanya tulisan ini.. semoga bermanfaat..amin..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perangkat Keras Komputer (Hardware) dan Fungsinya"

Posting Komentar