Pengertian GPT ( GUID Partition Table )

Pengertian GPT ( GUID Partition Table ) - Banyak sekali diantara kita masih bingung mengenai istlah partisi dalam hardisk, saya sendiri sebelum tahu juga mengalami kebingungan dalam membedakan partisi GPT dan MBR. pada dasarnya ketika kita membeli sebuah perangkat laptop atau notebook, Hardisk kita sudah terdapat partisi GPT atau MBR yang mana dalam partisi tersebut yang akan kita gunakan untuk menyimpan atau menginstal SO. pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai GPT atau GUID Partition Table.

GPT atau GUID Partition Table adalah tabel partisi standart untuk layout partisi hardisk dengan menggunakan Globally Unique Identifer dimana dalam partisi ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan MBR. ketika komputer dinyalakan hal yang pertama dibaca yaitu yang berada dalam partisi sector MBR ( Master Boot Record ) dimana dalam partisi ini terdapat berbagai sektor data booting. sektor pertama diisi dengan informasi disk dan SO yang digunakan. dalam hal ini MBR banyak memiliki kekurangan, yaitu ketika MBR rusak, maka data yang berada dalam MBR akan corrup dan akibatnya SO tidak dapat booting, namun pada tabel partisi GPT file informasi pada sektor pertama dapat ditiru lebih dari satu kali, sehingga ketika sector pertama partisi corrup, file hardisk masih dapat dibaca dan SO dapat berjalan, hal ini salah satu yang membedakan tabel partisi MBR dengan GPT. untuk lebih jelasnya mengenai struktur tabel partisi GPT silahkan lihat gambar dibawah.

Pengertian GPT atau GUID Partition Table
GPT - GUID Partition Table

Setelah melihat gambar diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa tiap tabel partisi memiliki beberapa sektor untuk menyimpan data-data yang berguna untuk meyimpan data lebih dari sekali, hal ini juga berbeda dengan tabel penyimpanan pada partisi MBR yang hanya memanfaatkan tiap partisi. selain itu sebagai catatan tambahan, dalam tabel partisi MBR hanya support 4 partisi primary, sedangkan dalam partisi GPT support 128 partisi primary, selain itu partisi GPT hanya mendukung beberapa SO, maka dari itu banyak beberapa kasus ketika kita ingin menginstal SO terjadi peringatan windows cannot be installed disk, hal ini diakibat partisi tidak support SO yang akan kita instal.

Nah sekarang kita dapat sedikit tahukan mengenai pengertian GPT atau GUID Partition Table.. semoga dapat bermanfaat, apabila ada yang ingin menambahkan silahkan disharing lewat kolom komentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian GPT ( GUID Partition Table )"

Posting Komentar